Laman

My Journey

My Journey
my life, familly, frienship,my drem,etc

Rabu, 23 Juni 2010

Kiat menjadi Mahasiswa Berprestasi

yuuuuk mulai dari sini......

Belajar di Perguruan Tinggi sangat berbeda dengan di SMA dulu. Perguruan Tinggi adalah tempat merubah diri, suatu kesempatan yang berharga, tempat mengembangkan diri, bisa lebih dewasa, salah satu jembatan menuju kesuksesan. Kenapa? karena setelah belajar di PT lah, takdir kita akan tahu arahnya kemana. Oleh karena itu perlu kita siapkan diri dan manfaatkan kesempatan selama kuliah. Lalu….bagaimana agar kita tetap semangat selama kuliah nanti? Sekedar berbagi pengalaman, ada tips and trik menjadi mahasiswa yang berprestasi selama kita kuliah.

Pertama: Bangunkan diri dengan SYUKUR

Dari sekian banyak manusia kita termasuk hamba-hamba pilihan Allah yang beruntung. Kita masih diberikan kesempatan oleh Allah buat merasakan bangku kuliah. Sementara saudara-saudara kita yang lain jangankan kuliah untuk makan sehari-hari aja sulit. Makanya… mari kita syukuri salah satu nikmat ini ! Syukur merupakan sumber motivasi diri. Ia (syukur) akan membawa kita ke dunia sungguh-sungguh, berprestasi, dan menjaga amanah orang tua kita (ingat amanah orang tua kita adalah lulus cepat, dapat pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan yang ok, and nikah, terus punya anak, punya rumah dan lain sebagainya).

Kedua : Bawalah diri kita ke hal-hal yang POSITIF

Setelah kita bersyukur, maka wujudkan rasa syukur itu dengan sesuatu yang baik contohnya:
(a) Memaksakan diri untuk banyak membaca buku dan menulis
(b) Upayakanlah diri kita untuk hadir terus di kelas sewaktu jam kuliah, kalaupun absen jangan lebih dari 2 kali kecuali sakit atau ada urusan yang ‘nggak bisa ditinggalin, hal-hal positif lainnya
(c) Datang ke kelas ga pake telat (GPT) alias tepat waktu (Imam syahid Hasan al-Banna mengatakan al-Waqtu huwal hayat -waktu adalah kehidupan-, orang yang dapat mengisi waktunya dengan baik maka hidupnya akan baik sebaliknya orang yang menyia-nyiakan waktu adalah orang yang menyia-nyiakan keagungan Allah). Selanjutnya
(d) Berusahalah buat mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan baik dan tepat waktu, ambil hati dosen-dosen mu dengan ketaatan kita kepada mereka, insya Allah berkah. (e) Ciptakan lingkungan yang kondusif; rumahmu syurgamu kampusmu madrasahmu.
(f) Berorganisasi (nah ini juga penting sebagai ajang pengembangan potensi diri. Alhamdulillah kita aktif di organisasi tidak membuat jeblok nilai kuliah justru sebaliknya kita lah bintang nya. Manfaat lainnya kita bisa pandai bicara di hadapan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar